Contoh Surat Perjanjian Hutang dengan Jaminan

Sebagai orang yang hendak berhutang dengan jaminan, atau sebagai orang yang aka memberikan hutang walaupun dengan jaminan, anda perlu menggunakan surat. Surat resmi yang anda perlukan ini akan melindungi anda dari jerat penipuan dan kerugian, karena hak anda dilindungi hukum. Untuk itu surat perjanjian hutang dengan jaminan wajib menggunakan materai. Namun, bila anda bingung dengan format sura perjanjian ini, anda bisa melihat artikel ini. Artikel ini sengaja dibuat untuk memberikan anda arahan contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan. Dengan adanya surat jaminan ini maka anda akan aman, dan tidak perlu khawatir. Surat ini akan berlaku di depan hukum sampai kapanpun.
Contoh Surat Perjanjian Hutang dengan Jaminan
Contoh Surat Perjanjian Hutang dengan Jaminan
Surat perjanjian merupakan surat yang telah dibuat oleh kedua belah pihak dan disetujui. Kedua belah pihak setuju dengan hak dan kewajiban yang tertera dalam surat tersebut. Disini, karena surat ini merupakan surat perjanjian hutang maka surat yang dimaksud adalah surat pernyataan untuk meminjam uang dengan jaminan barang. Ada dua jenis hutang yang sampai sekarang dilakukan oleh beberapa orang, dan adanya surat resmi dari si pengundang, yakni hutang dengan jaminan dan hutang tanpa jaminan. Hutang tanpa jaminan pun sama dengan hutang dengan jaminan, yakni sama – sama memerlukan surat resmi dengan materai 6000. Apabila anda butuh contoh surat perjanjian hutang dengan jaminan, maka anda bisa melihat contohnya. Demikian yang bisa saya bagikan, selamat mencoba!



Surat Perjanjian Hutang dan Jaminan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama               : _____________
No. KTP           : _____________
Alamat            : _____________
Dengan ini menyatakan:

1. Bahwa, pada tanggal __ _______ ____ saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara ____________ sebesar Rp. 5.500.000 (lima juta lima ratus ribu rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari atau jatuh tempo pada tanggal __ _____;

2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum juga dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara ________;

3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara _________ agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 15 (lima belas hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal __ ________;

4. Bahwa, dengan ini saya menyerahkan sebuah kendaraan roda dua merek _______ tipe _______ No. STNK _______, No. BPKB _________ sebagai jaminan pelunasan hutang saya tersebut.

5. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu sebagaimana dimaksud Butir 3, maka sepeda motor tersebut sebagaimana dimaksud Butir 4 akan menjadi milik saudara ______ sepenuhnya.
Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.
Surabaya, __ ________ ___




Baca juga: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Perjanjian Hutang dengan Jaminan"

Posting Komentar